Ads 468x60px

Senin, 27 Februari 2012

17 Faktor Penyebab Rambut Rontok

Faktor Faktor Penyebab Rambut Rontok: Mempunyai masalah Rambut Rontok memang menyebalkan dan kadang membuat malu, karena rambut akan berkurang lebih cepat, bahkan kadang ada yang mengalammi kebotakan. Berbagai cara mengatasi rambut rontok dilakukan, mulai dari Tips mengatasi rambut rontok secara alami hingga memakai obat-obatan. Tapi sebelumnya taukah kamu penyebab Rambut Rontok?

Faktor Penyebab Rambut Rontok

Mungkin banyak yang melakukan perawatan rambut dan mungkin mencari cara mengatasi rambut rontok. Tapi sebelumnya ketahui beberapa Faktor Penyebab Rambut Rontok berikut:

* Faktor dari Dalam
Faktor dalam adalah faktor yang timbul dari tubuh/badan kita sendiri.
Misalnya:
- Stress
- Sakit
- Kurang tidur
- atau sedang banyak masalah.
Solusinya adalah relaxasi, refreshing, dan konsultasi ke dokter.

* Stress
Stress baik itu mental atau fisik dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Saat sedang stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dan noradrenalin. Kedua hormon ini membuat rambut "beristirahat" dan tidak memproduksi rambut baru.
Jadi selama stres, kerontokan rambut mungkin gak akan bertambah, tapi rambut yang rontok ini gak akan digantikan oleh rambut yang baru.
Kabar baiknya, kondisi ini hanya akan bertahan selama stres berlangsung. Setelah stres berakhir, sel-sel rambut pun akan kembali berproduksi.

* Umur
Pada tingkat waktu tertentu, pertumbuhan rambut akan berhenti namun kerontokan tetap terjadi.

* Kurangnya Nutrisi
Kurangnya mengonsumi makanan yang sehat pastinya akan berpengaruh buruk pada rambut yang menyebabkan kurangnya makanan untuk rambut. Sehingga Rambut jadi lemah dan mudah Rontok.

* Jamur
Ada beberapa jenis jamur menyebabkan penyakit yang kemudian mengakibatkan kerontokan pada rambut, seperti dermatophytosis dan ketombe.

* Trikotilomania
Ganguan mental yang membuat seseorang untuk menjambak rambut sendiri sehingga mengalami rambut rontok yang parah.

* Penyakit
Beberapa penyakit atau sakit yang pernah diderita ternyata dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.
Seperti:
- Kanker
- Lupus
- Diabetes
- dan lain-lain

* Merokok
Selain buruk bagi kesehatan, Zat kimia dalam rokok mengganggu pertumbuhan rambut. Merokok juga dapat menghambat suplai oksigen ke rambut, yang menyebabkan rambut kekurangan nutrisi. Selain itu, merokok juga terbukti mempercepat proses penuaan, dan salah satu tanda penuaan adalah rambut rontok, bahkan kebotakan pada pria.

* Diet yang Ketat
Masalah ini yang paling sering terjadi pada wanita. Karena ingin memiliki tubuh yang langsing, diet pun dilakukan habis-habisan hingga tanpa sadar tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Tentunya nutrisi untuk rambut pun jadi tak tercukupi.
Diet berlebihan juga membuat berat badan turun drastis dalam waktu singkat, dan ini membuat batang rambut menjadi lemah, mudah patah, dan mudah tercabut dari akarnya.

* Hormon dan Keturunan
Kerontokan rambut bisa disebabkan karena keturunan, melalui gen yang diturunkan dari anggota keluarga yang mengalami kerontokan rambut.
Dan juga hormon yang berubah saat masa kehamilan dapat menyebankan rambut rontok terutama ketika adanya peningkatan hormon testoteront.

* Gigi Berlubang
Jangan anggap remeh gigi berlubang, apalagi kalo udah mencapai tahap infeksi. Tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi, dan sel darah putih itu akan terdistribusikan ke folikel rambut, yang akan membuatnya berhenti memproduksi rambut sama sekali.
Kalo dibiarin, gak jarang pasien infeksi gigi mengalami kebotakan di satu area kecil di kepala. Lokasi kerontokan biasanya dekat dengan posisi gigi yang terkena infeksi. Pada pria, terkadang infeksi gigi juga berpengaruh pada kerontokan alis atau janggut.

* Faktor Pemakaian Shampoo
Pemakaian shampoo sangat berpengaruh, kalo kamu salah memilih shampoo, maka rambut kamu yang jadi korbannya.
Pilihlah shampoo yang benar-benar cocok untuk rambut kamu. Kalo kamu bingung memilih shampoo, konsultasikan ke dokter. Disarankan agar memilih shampoo yang terbuat dari bahan-bahan alami. Karena bahan-bahan alami gak merusak rambut.

* Pengobatan
Beberapa pengobatan juga memiliki efek yang menyebabkan rambut rontok, seperti kemoterapi. Kalo saat mengkonsumsi obat menyebabkan rambut rontok, lebih baik segera berkonsultasikan dengan dokter.

* Faktor Luar
Faktor luar adalah faktor debu, atau dari lingkungan. Kalo kamu menghabiskan waktu sehari atau melakukan rutinitas di luar rumah, tentunya mengalami faktor luar ini. Untuk mengatasinya, disarankan untuk sesering mungkin membersihkan rambut dan melakukan perawatan rambut.

* Sinar Matahari
Sinar matahari baik buat kita, terutama untuk menstimulasi produksi vitamin D. Tapi kalo rambut terlalu lama terekspos sinar matahari tanpa perlindungan sama sekali, rambut bukan aja jadi kering dan rapuh, tapi juga bercabang.

* Polusi
Tinggal di kota membuat kita rentan polusi. Asap knalpot kendaraan bermotor adalah jenis polusi yang terburuk buat rambut, karena kalo terpapar pada rambut dapat menyebabkan rambut jadi lemah dan mudah rontok.
Tinggal di desa gak menjamin rambut bebas terkena polusi, karena ternyata pestisida yang digunakan untuk membasmi hama di sawah dan kebun juga dapat menyebabkan kerontokan kalo terpapar pada rambut.

* Bahan Kimia Dalam Produk Rambut
Meluruskan, mengeriting, mewarnai, dan berbagai jenis perlakuan pada rambut yang biasa dilakukan di salon, pasti menggunakan produk yang mengandung bahan kimia.
Sekali dua kali gak apa, tapi kalo terlalu sering mengotak-atik rambut dengan produk-produk ini justru akan membuat rambut rapuh mudah rontok dan rusak.

Untuk menghindari terjadinya rambut rontok, ada baiknya mengetahui 17 faktor penyebab rambut rontok diatas. Jadi, kita bisa menghindari rambut rontok atau mencari tips mengatasi rambut rontok. Disalin Arie Pinoci dari berbagai Sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar